Langkah-langkah Jika Burung Macet Bunyi

Perawatan burung yang macet bunyi agar bisa kembali rajin berkicau membutuhkan penanganan yang benar-benar tepat. Selain memulihkan kondisinya dengan menerapkan pola rawatan yang teratur, beberapa jenis terapi juga dibutuhkan untuk memancing burung kembali bunyi. Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan jika burung macet bunyi.

Burung peliharaan yang mogok bersuara umumnya dipengaruhi oleh kondisi fisik dan mentalnya. Secara umum, faktor yang paling sering dijumpai pada burung yang macet bunyi adalah karena sakit, stres / drop mental, trauma, atau karena kurang stamina.

Untuk mengatasinya tentu dibutuhkan perawatan yang penuh perhatian, khususnya dalam memenuhi semua kebutuhan burung, baik dari segi nutrisi, vitamin, dan kenyamanan burung itu sendiri.

Berikut langkah-langkah yang harus dilakukan jika burung macet bunyi:

1. Letakkan di tempat tenang

Langkah pertama adalah menyimpan burung di tempat yang tenang dan jauh dari keberadaan burung sejenis maupun burung ocehan lain yang bersuara kencang. Dengan mengkondisikan burung di tempat tenang, maka mentalnya akan perlahan bangkit sehingga lebih cepat terpancing untuk kembali rajin berkicau.

Untuk membantu proses pemulihannya, bisa dilakukan terapi dengan memutarkan suara alam seperti suara air mengalir, suara air hujan, atau suara hutan. Alternatifnya bisa meletakkan sangkarnya di dekat sumber air mengalir.

2. Berikan kecukupan pakan

Saat burung alami macet bunyi maka yang harus diperhatikan adalah kebutuhan pakannya. Untuk merangsangnya kembali berkicau, berikan burung makanan yang memiliki kandungan protein cukup tinggi. Hal ini bisa didapatkan melalui makanan tambahan atau EF seperti kroto, jangkrik dan ulat hongkong.

Saat macet bunyi, settingan yang membatasi pemberian pakan tambahan tersebut diabaikan tetapi burung mendapatkan asupan Ef yang lebih banyak dari biasanya. Hal ini dibutuhkan untuk menyeimbangkan kembali kondisi birahinya sehingga burung akan lebih cepat kembali berkicau.

BACA JUGA:   Tips Menjodohkan Burung Blackthroat Jantan dan Betina

4. Rutinkan mandi

Perawatan berikutnya adalah merutinkan mandi. Burung yang macet bunyi sebaiknya dimandikan lebih sering dari biasanya. Jika selama ini burung hanya dimandikan setiap pagi saja, maka dalam terapi pemulihan burung macet bunyi pemberian mandi bisa dilakukan 2-3 kali sehari yang dilakukan pada pagi, siang, dan sore harinya.

Untuk mempercepat proses pemulihan, lakukan juga terapi mandi malam karena manfaatnya sangat baik untuk menjadikan burung lebih rajin bunyi. Pastikan selesai dimandikan pada malam hari, burung mendapatkan asupan pakan tambahan seperti ulat hongkong.

4. Rutin pengembunan

Pengembunan secara rutin dapat membantu mempercepat pemulihan burung yang macet bunyi. Gantung sangkarnya pada posisi di mana ia akan terkena cahaya matahari yang baru terbit. Sinar matahari yang muncul setelah waktu fajar sangat baik untuk kesehatan dan juga kondisinya.

5. Berikan VITAMIN!!

Macet bunyi yang berlangsung dalam waktu yang lama bisa diatasi dengan memberikan suplemen multivitamin secara rutin dan teratur.

Itulah langkah-langkah yang harus dilakukan jika burung macet bunyi.

Semoga bermanfaat