Perawatan Burung Tledekan Laut agar Rajin Bunyi

Penampilan burung tledekan laut sangat menarik. Tubuhnya terdiri dari dua warna saja yaitu biru dan putih sesuai dengan nama aslinya yaitu sikatan biru putih. Meski suara kicauannya tidak sevariasi kerabatnya, tledekan gunung, namun tledekan laut cukup disukai karena alunan suara kicauannya yang mengalun cukup merdu.

Nama resmi tledekan laut adalah sikatan biru putih dengan nama latin Cyanoptila cyanomelana. Di beberapa daerah, jenis burung ini dikenal dengan nama sulingan laut karena suaranya yang merdu bak alunan suara seruling.

Di sini, tledekan laut bukan merupakan jenis burung lokal atau asli Indonesia. Jenis burung ini sebenarnya adalah burung migrasi yang berpindah tempat dari tempat asalnya yang berada di kawasan Asia Timur terutama saat sedang terjadi musim dingin.

Perawatan tledekan laut agar rajin bunyi membutuhkan penanganan yang sangat cermat, khususnya dari segi pemberian pakan dan vitaminnya. Dengan tercukupinya kebutuhan tersebut, maka burung akan menjadi semakin aktif, lincah, dan terpancing untuk selalu rajin berkicau.

Berikut perawatan burung tledekan laut agar rajin bunyi:

Pastikan burung tledekan laut yang dipelihara itu berjenis kelamin jantan, karena burung jantan memiliki suara kicauan yang lebih bervariasi dibandingkan burung betina. Untuk membedakan jantan dan betina bisa dilihat dari penampilan dan warna bulunya.

Burung jantan berwarna cerah terdiri dari bulu biru dan putih, sedangkan betina bulunya cenderung kusam dan berwarna monoton (coklat ke putih).

  1. Setiap pagi burung diembunkan karena manfaatnya sangat baik untuk meningkatkan staminanya. Tledekan laut yang rutin diembunkan akan memiliki kecenderungan untuk rajin berkicau.
  2. Setelah matahari terbit, burung dimandikan dengan cara disemprot sprayer dengan setelan embun.
  3. Selesai dimandikan, burung diangin-anginkan sebentar untuk mengeringkan bulunya.
  4. Ketika burung diangin-anginkan, berikan satu sendok teh kroto yang masih segar dan bersih. Lalu berikan juga ulat kandang sebanyak 20 ekor atau 2 ekor ulat hongkong.
  5. Penjemuran dilakukan secukupnya saja atau hanya untuk mengeringkan bulu saja dan dilakukan pada pagi hari selama 30 menit.
  6. Selesai dijemur burung digantang di tempat teduh.
  7. Berikan pakan tambahan lainnya seperti belalang atau jangkrik kecil sebanyak 2 ekor, dan ulat hongkong putih 2 ekor.
  8. Untuk voernya bisa menggunakan voer halus, namun untuk memaksimalkan hasil rawatan bisa diberikan voer khusus ciblek yaitu Kristal Ciblek yang sudah diperkaya dengan bahan-bahan bermanfaat seperti jagung, tepung jangkrik, madu, telur, dsb.
    Jika diberikan secara rutin, dapat menjadikan burung tledekan laut semakin rajin berkicau.
  9. Tambahkan juga multivitamin untuk meningkatkan stamina dan mentalnya, juga menguatkan sistem imun dan daya tahan burung sepanjang hari. Pada sore hari, burung kembali diberikan pakan tambahan yang terdiri dari 2 ekor jangkrik kecil, dan 2 ekor ulat hongkong.
  10. Malam harinya burung dibiarkan beristirahat .

Demikian cara perawatan burung tledekan laut agar rajin bunyi.

BACA JUGA:   Cara Merawat Burung Jalak yang Masih Anakan

Semoga bermanfaat