Tips dan Cara Memilih Untulan Lovebird

Metode untulan menjadi alternatif perawatan untuk jadikan lovebid makin konslet. Cara ini cukup popular di kalangan lovebird mania, karena selain praktis juga lebih efektif menjadikan burung rajin ngekek dengan durasi yang maksimal. Sebagai panduan, simak cara memilih untulan lovebird berikut ini. 

Pola perawatan burung lovebird dengan metode untulan semakin banyak dilakukan para lovebird mania sejak beberapa tahun terakhir ini. Metode ini dianggap sebagai salah satu cara praktis yang dapat memancing lovebird lebih rajin berbunyi.

Lovebird adalah burung dengan sifat sosial yang tinggi, sehingga pemberian untulan/ pasangan dapat menjadikannya lebih bersemangat sewaktu dilombakan. Jika mendapatkan pasangan yang tepat, lovebird akan menjadi lebih mudah terpancing untuk bersuara ngekek dengan durasi yang maksimal.

Tidak mudah memilih burung yang akan dijadikan untulan, apalagi menemukan burung yang benar-benar pas, dalam artian mau akur dan tidak saling menyakiti. Salah pilih untulan, bukannya menjadikan lovebird tambah aktif dan rajin ngekek, tapi malah mengurangi penampilannya.

Sebagai panduan, berikut beberapa cara memilih untulan lovebird dan perawatannya agar bisa tampil lebih maksimal.

  • Pilih burung untulan yang berumur lebih muda dari lovebird utama. Hal ini untuk mencegah lovebird untulan bersifat agresif dan terlalu mendominasi yang justru menyebabkan burung utama rentan stres.
  • Pilih juga burung untulan dari jenis kelamin yang berbeda. Selain lebih cepat memunculkan keterikatan antara keduanya, hal ini juga menjadikan lovebird utama cepat terpancing untuk lebih rajin bersuara ngekek.
  • Perhatikan juga kondisi fisik, kesehatan, dan perilakunya. Memilih burung untulan yang sakit / terinfeksi penyakit justru akan menulari burung yang sehat.

Setelah mendapatkan untulan /pasangan yang sudah dianggap tepat, maka tahap selanjutnya adalah melakukan perawatannya. Berikut cara merawat lovebird dengan untulan:

  • Dalam perawatan hariannya atau di luar waktu lomba, kedua burung disatukan dalam sangkar kotak.
  • Hindari memberikan glodok atau kotak sarang di dalam sangkarnya, dan jangan berikan pakan yang dapat membangkitkan birahi keduanya.
  • Setiap pagi, kedua burung dimandikan hingga basah kuyup, kemudian pisahkan lovebird utama untuk dilatih dalam kandang umbaran sambil dijemur.
  • Pengumbaran bertujuan untuk mengencangkan otot sayap, meningkatkan daya tahan dan stamina, serta menjadikan suara lebih keras dan nafas yang lebih panjang.
  • Setelah itu, burung kembali disatukan dengan burung untulannya.
  • Berikan pakan yang tepat dan tidak mudah membuat burung over birahi
  • Untuk melengkapi kebutuhan gizinya, berikan juga pakan tambahan yang lain seperti jagung manis, kangkung, dan sebagainya.
  • Lakukan pemasteran untuk melatih suara ngekeknya jadi lebih kencang dan panjang.
BACA JUGA:   Tips Menyiapkan Lovebird Balibu Jadi Burung Lomba

Demikian tips dan cara memilih untulan lovebird.

Semoga manfaat