Tips Membersihkan Sangkar yang Bau Menyengat

Kondisi sangkar yang berbau menyengat tentu akan membuat pemiliknya merasa terganggu, belum lagi pandangan orang-orang di rumah maupun sekitar. Burung yang menghuni sangkar itu pun akan merasa tidak nyaman sehingga berpengaruh terhadap penampilan dan kesehatannya. Berikut tips membersihkan sangkar yang berbau menyengat.

Bau pada sangkar umumnya berasal dari bakteri yang terdapat pada makanan yang sudah basi / busuk, kotoran yang jarang dibersihkan, dan bau bulu yang menempel di sangkarnya. Jika hal kecil seperti ini kerap diabaikan, maka burung akan rentan terkena penyakit yang muncul akibat parasit, jamur dan bakteri.

Bagi yang punya stok sangkar berlebih mungkin akan mengganti sangkarnya dengan yang baru, tapi bagaimana jika tidak ada lagi sangkar yang bisa digunakan. Untuk itu, Anda bisa mempraktekkan salah satu tips membersihkan sangkar berikut ini:

Hilangkan bau sangkar menggunakan air jeruk

Air jeruk bisa digunakan untuk membersihkan sekaligus menghilangkan bau tak sedap pada sangkar burung. Cara alami ini selain cukup ampuh membasmi kuman dan parasit penyebar penyakit, juga menjadikan sangkar lebih harum dan segar sehingga burung di dalamnya akan menjadi lebih aktif dan bersemangat.

Berikut cara membuat air jeruk untuk menghilangkan bau pada sangkar:

  • Siapkan 5 buah jeruk nipis, lalu diperas dan diambil airnya saja. Air perasan kemudian dicampurkan dengan 2 gelas air hangat.
  • Campurkan 2 sendok baking soda ke dalamna, lalu aduk sampai bercampur rata setelah itu tuangkan air jeruk tersebut ke dalam botol semprotan.
  • Sebelum dibersihkan dengan air jeruk, sangkar sebaiknya dibersihkan dahulu dengan air untuk menghilangkan kotoran yang masih menempel. Setelah itu baru disemprot menggunakan semprotan / sprayer yang berisi air jeruk tadi ke setiap bagian demi bagian sangkar, termasuk karpet dan baki penampungan kotorannya.
BACA JUGA:   Tips Perawatan & Jenis Makanan Burung Elang

Cuka putih untuk membersihkan sangkar

Cuka putih juga bisa dimanfaatkan untuk membersihkan sangkar yang berbau menyengat. Caranya, cuka putih dan baking soda dituangkan ke dalam air panas lalu diaduk hingga bercampur merata. Setelah itu gunakan untuk membersihkan bagian – bagian sangkar, terutama sela-sela sangkar, karpet, dan baki penampungan kotorannya. Selesai dibersihkan, sangkar kemudian diangin-anginkan lalu dibilas dengan air panas.

Pada awalnya mungkin akan tercium aroma cuka yang menyengat, tapi bau cuka tersebut akan hilang berganti menjadi aroma yang mampu memberikan kesegaran yang ampuh menyerap dan menghilangkan bau sangkar selama beberapa hari.

Gunakan sabun pencuci piring

Sabun cuci piring yang memiliki aroma segar seperti jeruk, apel, dsb dapat digunakan untuk menghilangkan bau tidak sedap pada sangkar. Caranya adalah menuangkan 2-3 sendok cairan sabun pencuci piring ke dalam satu gelas air. Setelah itu, gunakan untuk membersihkan setiap bagian dan sela sangkar dengan menggunakan sikat (bukan sikat kawat). Diamkan selama 3 – 5 menit, setelah itu bersihkan dengan air bersih.

Itulah beberapa tips membersihkan sangkar yang berbau menyengat.

Semoga manfaat