Settingan anis macan cepat bunyi

Anis macan atau anis nusa tenggara merupakan burung endemik di Nusa Tenggara. Jenis burung ini masih satu keluarga dengan anis merah maupun anis kembang, dan cukup disukai sebagian kicaumania karena suaranya yang lantang. Bagi yang baru memelihara burung ini di rumah, berikut tips dan settingan anis macan agar cepat bunyi.

Di kalangan kicaumania, burung anis macan dikenal juga dengan nama anis ampenan. Meski tidak mempunyai kualitas vokal yang sama seperti anis kembang, namun anis macan memiliki suara ngerol yang juga bervariasi. Itu sebabnya, banyak yang mencarinya untuk dipelihara sebagai kelangenan atau pemancing burung peliharaan lain berbunyi.

Perawatan anis macan tidak jauh beda dengan rawatan burung jenis punglor lainnya seperti anis merah, anis kembang, ciung, dsb. Namun begitu, jika dilakukan dengan cara yang tepat maka burung anis macan tersebut lebih cepat mengeluarkan suara kicauannya.

Berikut settingan anis macan agar cepat bunyi:

  • Setiap pagi burung rutin dikeluarkan untuk diembunkan. Pada saat diembunkan itulah, burung diberikan cacing tanah sebanyak 2 ekor.
  • Setelah matahari terbit, segera mandikan burung anis macan dengan cara disemprot sprayer atau mandi karamba. Setelah itu, diangin-anginkan untuk mengeringkan bulu yang basah, kemudian dijemur di bawah sinar matahari selama 30 s/d 60 menit.
  • Saat anis macan sedang dijemur, berikan tambahan pakan 2 ekor jangkrik dan 2 ekor ulat hongkong.
  • Selesai dijemur, burung kembali diangin-anginkan di tempat teduh lalu tambahkan lagi 1 ekor cacing tanah dan 2 ekor jangkrik.
  • Berikan air minum yang sudah dicampurkan dengan vitamin , agar burung lebih terpancing untuk rajin bunyi dengan suaranya yang kencang. Selain itu, vitamin juga mampu meningkatkan stamina, mental, dan ketahanan tubuhnya.
  • Pada siang hingga sore harinya, burung diberikan full kerodong lalu dilatih dengan suara masteran yang diinginkan.
  • Pada sore harinya, burung diberikan tambahan jangkrik 2 ekor dan ulat hongkong 1 ekor, lalu angin-anginkan selama 30 menit, setelah itu kembali dikerodong
  • Biarkan burung beristirahat sampai esok harinya.
BACA JUGA:   Kesalahan Dalam Perawatan Jalak Suren Trotolan

Baca:   Tips dan cara memilih untulan lovebird

Pemberian kroto bisa dilakukan setiap pagi, dan jika burung sudah mulai mau mengeluarkan suara kicauannya kroto bisa diberikan cukup dua hari sekali saja sebanyak satu sendok teh.

Dengan menerapkan settingan di atas secara rutin dan teratur setiap harinya, maka burung anis macan akan lebih terpancing untuk mengeluarkan suara kicauannya dengan rajin, bahkan ngerol.

Semoga bermanfaat