Burung Hantu

Burung Hantu : Ciri-ciri, Jenis, Makanan, Lengkap dengan Penjelasannya

Burung hantu – Siapa coba yang tidak kenal dengan burung hantu. Burung yang menjadi hewan peliharaan di film harry potter ini terlihat gagah saat terbang di udara, terlebih lagi saat burung tersebut akrab dengan pemiliknya

Mengingat burung hantu juga bisa di jinakkan dan dijadikan peliharaan, mungkin banyak diantara kalian yang ingin memelihara hewan gagah yang satu ini.

seru memang jika burung ini menjadi partner anda didunia nyata, pasalnya karenaburung ini termasuk omnifora dan predator aktif, tentunya burung ini menyukai hewan-hewan pengerat seperti tikut sebagai santapannya.

Hal tersebut bisa sangat membantu para petani, tetangga, bahkan burung hantu yang menjadi partner anda bisa membantu anda menghabisi hama tikus, walapun tidak benar benar habis.

Bagi anda yang ingin memelihara burung ini, ada baiknya kita melakukan pendekatan terlebih dahulu dengan mereka seperti mengenal jenis-jenis, siri-siri, dan lain sebagainya. dibawah ini telah saya siapkan materinya khusus untuk anda.

Mengenal Burung Hantu

Burung hantu merupakan sekelompok burung yang termasuk kedalam ordo Strigiformes. Selain itu, Burung hantu juga termasuk dalam golongan unggas karnivora atau pemakan daginga dan merupakan hewan yang aktif di malam hari atau nokturnal.

Di Negara-Negara bagian barat, burung peliharaan ini dianggap sebagai simbol kebijaksanaan, tapi di beberapa daerah di Indonesia justru burung hantu dianggap sebagai pembawa sial, seperti pertanda maut dan lain sebagainya. Itu sebabnya di Indonesia burung ini dikenal dengan sebutan burung hantu.

Memang jika diperhatikan, posur tubuhnya sangat menyeramkan. Terlebih lagi jika ia bersuara dimalam hari dengan suaranya yang khas dan tidak jarang kemunculannya selalu tiba-tiba ada di sekitar kita. Meski begitu,  burung hantu tidak ada kaitannya dengan hal-hal yang berbau mistis.

Saya berani mengatakan hal tersebut karena dulu saya pernah memelihara burung hantu jenis celepuk, dan tidak terjadi apa apa dengan diri saya.

Ciri Ciri Burung Hantu

Sebagai burung yang bersifat nokturnal atau aktif di malam hari, burung hantu memiliki poin khusus yang sangat mendukungnya saat melakukan perburuan di malam hari, yaitu dari segi penglihatan.

Selain itu, Burung ini tidak hanya memiliki penglihatan yang tajam saja, burung hantu juga memiliki cakar-yang tajam dan kuat. Burung hantu juga memiliki ciri khas yang berbeda dengan burung-burung pada umumnya, ciri khas tersebut antara lain :

  • Kepala

Ciri khas burung hantu yang pertama yaitu terletak pada kepalanya,. Berbeda dengan burung jenis lainnya, Kepala burung hantu ternyata bisa berputar, hal tersebut merupakan salah satu ciri khusus burung hantu.

Namun, sama halnya dengan burung lain kepala burung hantu juga tidak dapat berputar seutuhnya, Jadi jika ada yang mengambil kesimpulan bahwa burung ini dapat berputar hingga 360 drajat, itu hanya hoax

Faktanya, semua jenis burung termasuk burung hantu hanya bisa memutarkan lehernyahingga 135 derajat. Sedangkan perbedaannya ialah kepala burung hantu berputar hingga 270 derajat.

Menurut para ilmuwan, adaptasi tulang, pembuluh darah dengan reservoir ontraktil, dan jaringan pembuluh darahnyalah yang  mendukung kemungkinan burung hantu untuk dapat memutarkan kepalanya.

  • Bentuk wajah

Ciri khusus burung hantu lainnya ialah memiliki bentuk wajah yang unik dan berbeda dengan burung-burung jenis lainnya. Burung hantu cenderung memiliki wajah yang mirip dengan manusia.

Hal tersebut dikarenakan kedua belah matanya menghadap ke depan, bukan kearah samping. Sehingga dengan ciri tersebut, burung ini tampak begitu menyeramkan menyeramkan.

Jenis burung hantu celepuk atau barn owl umumnya memiliki wajah yang mirip seperti bentuk hati. Namun, semua semua jenis burung hantu umumnya memiliki bentuk wajah yang menyerupai topeng manusia.

  • Mata

Selain matanya menghadap ke depan, burung hantu juga mempunyai bentuk mata yang besar, bulat, serta menonjol, dengan layout dan bentuk mata tersebut ternyada sangat mendukung kemampuannya dalam segi penglihatan. Kemampuan penglihatan burung hantu sangatlah tajam dan mampu melihat dengan jelas di suasana malam yang gelap gulita.

  • Paruh

Paruh burung hantu memiliki bentuk bengkok menukik ke arah bawah dengan tekstur paruh yang kuat dan tajam serta mempunyai bulu jambul yang lembut di dekat area paruh tersebut.

Bentuk paruhnya yang buat dan tajam ini berfungsi untuk mencabik-cabik dan melahap mangsanya mentah-mentah.

  • Kemampuan terbang

Ciri khusus burung hantu berikutnya terletak pada sayapnya yang memiliki mode silant. Sayap burung hantu memiliki bulu khusus yang memacah turbulensi menjadi arus yang lebih kecil, sehingga dengan sayapnya tersebut, burung hantu dapat mengurangi suara kepakan sayapnya ketika terbang diudara.

Dengan kata lain, kepakan sayap Burung hantu tidak tidak terdengar suaranya saat terbang. Bulunya yang lembut berfungsi meredam suara tersebut.

  • Bulu

Burung ini Memiliki warna dan corak bulu yang ber fariasi, Namun kebanyakan burung hantu memiliki bulu yang berwarna abu-abu, kecoklatan dan bercorak burik hingga loreng, namun ada juga yang memiliki bulu berwarna putih seperti jenis burung hantu salju.

Jenis Jenis Burung Hantu

Jika anda bingung memilih burung hantu jenis apa yang ingin anda pelihara, dibawah ini telah saya rangkum beberapa Gambar burung hantu berdasarkan jenisnya yang dapat anda jadikan referensi. Berikut jenis jenisnya kami rangkum untuk anda.

  • Burung hantu salju

Sesuai dengan namanya, Burung Hantu Salju biasanya tersebar di negara-negara yang terdapat  musim salju di setiap tahunnya.

Dengan memiliki bulu yang berwarna putih, membuat burung ini terkesan unik, anggun dan misterius. Selain itu, Burung hantu putih memiliki tampilan fisik yang elegan dan terlihat gagah seperti elang.

karena penampilannya yang elegan dan gagah. Burung hantu jenis ini merupakan jenis yang paling banyak dicari oleh pecinta burung hantu,

Tinggi burung hantu jenis ini tidak berbeda jauh dari jenis burung hantu lainnya, yaitu kurang lebih 30 cm. Burung hantu salju yang telah dewasa panjang tubuhnya bisa hingga sekitar 35cm.

  • Tyto alba

Burung hantu jenis Serak Jawa atau Tyto alba ini merupakan spesies burung hantu yang termasuk ke dalam silsilah keluarga Tytonidae dan memiliki ukuran 34cm.

Burnung hantu jenis ini memiliki sebutan lain yaitu burung hantu putih, hal tersebut dikarenakan bulunya yang berwarna putih dengan gradasi corak berwarna coklat.

Selain menjadi pilihat bagi para pecinta burung hantu, burung hantu jenis ini juga banyak dicari oleh para petani untuk dijadikan penjaga sawah dari hama tikus yang merusak tanaman padi dan sebagainya.

Burung hantu jenis ini memiliki wajah yang sepintas menyerupai bentuk hati. Sama halnya seperti burung hantu lainnya, mata burung hantu jenis ini menghadap kedepan, wajah berwarna kecokelatan dan bulunya halus dan lembut.

Pada bagian belakang tubuhnya terdapat tanda mengkilat dan pada bagian bawah sayapnya Dipenuhi bulu-bulu berwarna putih dengan sedikit bercak hitam disekelilingnya.

  • Celepuk

 

BACA JUGA:   Cara Mengatasi Cucak Jenggot Agresif / Galak Karena Over Birahi

burung jenis ini memiliki ukuran tubuh yang kecil dan mungil yaitu sekitar 19 cm. Burung hantu celepuk memiliki bulu yang berwarna  coklat dengan semu kemerahan pada bagian tertentu. 

Celepuk ini merupakan jenis burung hantu yang mudah ditemukan, keberadaannya bisa kita jumpai di pekarangan rumah, perkebunan hingga perhutanan.

  • Seloputo

Burung hantu jenis ini Memiliki nama latin Strix Seloputo yang merupakan spesies burung hantu yang memiliki postur tubuh yang besar dan dikenal pula dengan sebutan “Burung Hantu Kayu Berbintik”. Tingginya bisa mencapai mencapai 47 cm.

ciri ciri yang paling menonjol dari burunghantu jenis ini ialah Tubuhnya dipenuhi bulu-bulu yang berwarna cokelat berbintik putih. selain itu, di area wajahnya berwarna merah bata dan cenderung pucat. Tubuh bagian bawahnya berwarna putih dengan corak garis coklat tua dan tergradasi merah bata.

  • Kelabu Besar

Burung hantu kelabu besar termasuk kedalam keluarga strigidae  yang berasal dari genus strix dan memiliki ciri khas pada wajahnya yang terlihat menyeramkan, meski tidak semua orang melihatnya demikian.

Burung ini memiliki postur tubuh yang cukup besar, panjangnya sendiri bisa mencapai 61 cm hingga 84 cm. Selain itu, burung hantu jenis ini juga memiliki berat hingga 790-1454 gram.

Sama halnya seperti jenis burung hantu lainnya, Ia juga aktif pada malam hari atau nokturnal. Meski termasuk hewan noktural, burung hantu kelabu besar juga bisa aktif di siang hari, hal tersebut berlaku disaat ia sedang bertelur.

populasinya sendiri berada di Kanada, Alaska, California hingga Amerika Serikat. Saat musim dingin, burung hantu ini akan mengumpulkan banyak persediaan makanan jauh lebih banyak dari musim panas.

 

Makanan favorit burung hantu

Mengingat jenis jenis burung hantu itu terdapat banyak dan tersebar luas diberbagai negara, makanan favorit mereka pun beda beda. Berikut beberapa makanan favorit burung hantu berdasarkan jenisnya.

  • Burung hantu salju

Makanan burung hantu jenis ini sedikit berbeda dari jenis burung hantu lainnya. Burung hantu salju biasanya memakan burung-burung kecil, ikan, atau anak burung. Selain itu, burung hantu salju juga suka memakan tikus-tikus kecil atau anakan tikus.

Di Indonesia sendiri memelihara burung hantu salju sangatlah sulit, bahkan mungkin tidak akan bertahan lama karena burung hantu jenis ini terbiasa hidup dengan hawa dingin sedangkan di Indonesia memiliki iklim tropis, yang tidak terdapat hujan salju di setiap musimnya.

  • tyto alba

Menu makanan favorit burung hantu jenis tyto alba atau serak jawa ini terdiri dari mamalia kecil khususnya tikus biasa atau tikus putih, tikus kayu, anak ayam, puyuh dan lain-lain. Biasanya burung hantu serak jawa akan menelan bulat-bulath mangsanya.

merea lebih menyukai hewan-hewan kecil yang utuh ketimbang bagian bagian tubuh hewan yang besar. untuk cemilan burung ini biasanya mereka melahap katak kecil, burung kecil seperti emprit gereja dan lain-lain, sedangkan serangga tidak cocok untuk menjadi cemilannya.

  • Celepuk

Umumnya burung hantu celepuk memakan serangga-serangga seperti jangkrik, capung, ulat pisang dan juga hewan kecil lainnya.

Jika anda ingin melatih celepuk agar pandai atau mandiri, jangan suapi makanan secara langsung, tapi taruh saja makanannya di tempat makan mereka. Lalu dorongsaja kepala mereka ke arah tempat makan tersebut dengan pelan. Maka lama kelamaan mereka akan terbiasa melakukannya.

Jika anda ingin melatih celepuk agar akrab bersama anda, beri saja ia kana dengan tangan anda secara langsung. Namun sebelum memberi makan, ada bainya panggil dulu namanya trlebih dahulu atau menggunakan siulan, baru setelah itu diberi makan.

  • Seloputo

Karena burung hantu ini tergolong jenis burung hantu ber tipe besar, maka makanan favorit burung hantu jenis ini ialah burung puyuh, burung emprit atau greja, tikus putih serta ikan lele. cara pemberian makannya pun cukup mudah.

Untuk Strix Seloputo yang sudah dewasa, anda bisa memberikan makan kepada burung ini secara langsung menggunakan tangan. agar jitotnya lebih menjadi, anda dapat memanggil nama burungnya terlebih dahulu lalu beri ia makan.

  • Kelabu Besar

Burung hantu memiliki kegemaran memakan hewan pengerat seperti tikus. Namun bagi Burung Hantu jenis Kelabu besar, makanan yang sangat di sukainya ialah tikus putih. Selain tikus putih, makanan lain untuk burung hantu jenis ini ialah burung burung kecil yang memiliki tekstur daging yang lembut. Sedangkan serangga tidak cocok untuk hewan jenis ini.

Itulah beberapa menu santapan favorit burung hantu. Perlu diingat, sebaiknya jauhi pemberian makan dengan tikus liar karena 70% dari tikus tikus liar membawa penyakit wil atau leptospirosis.

Penyakit ini cukup mengancam kesehatan si burung, selain itu bakteri tersebut bisa menular ke manusia.

Maka dari itu, sangat dianjurkan bagi kita untuk menghindari kontak langsung dengan cairan atau urin yang terdapat pada tikus liar.

Lihat juga : Daftat harga burung hantu

Demikianlah ulasan terkait Mengenal lebih dekat dengan burung hantu kali ini.

Terimakasih dan semoga bermanfaat.