Harga Yamaha fx310 Terbaru September 2021

Untuk para pemain gitar, pasti sangat memimpikan punya gitar idaman. Mulai dari gitar custom yang dibuat oleh tangan rumahan, sampai gitar original yang harganya terjangkau hingga gitar high end yang memiliki harga tinggi.

Namun jika kita mau mencari lebih teliti di pasaran gitar, sebenarnya masih banyak merk gitar original dengan harga yang murah. Tapi kita tetap harus tetap pintar dalam memilahnya, karena biasanya dua merk dengan harga yang sama, namun kualitas keduanya berbeda jauh.

Perlu kamu ketahui, sebenarnya harga gitar dari pabrikannya sebenarnya masih murah, lalu diteruskan kepasaran hingga harganya menjadi naik. Untuk itu diperlukan ketelitian dalam memilih gitar dipasaran.

Selain jenis merk gitar yang bisa dibilang resmi/original, sekarang banyak produksi tangan rumahan yang membuat gitar custom dengan bentuk yang sama persis dengan gitar buatan pabrik.

Nah, saran admin jika kalian ingin membeli gitar original buatan pabrik, kalian harus benar-benar cermat dalam memilihnya.

Dari sekian banyak jenis merk gitar, banyak diantaranya yang terkenal seperti Yamaha, Cort, Ibanez, Takamine dan semacamnya. Namun kali ini admin akan membahas tentang gitar Yamaha dengan seri Yamaha FX310.

Gitar ini bisa dibilang gitar yang banyak digandrungi anak muda zaman sekarang. Karena bentuknya yang mudah dibawa kemana-mana, tetapi gitar ini juga berkualitas, dari segi bahan sampai suara.

Disini kita akan membandingkan gitar ini dengan merk lain yang setara. Tujuannya agar kita bisa tahu jenis bahan kayu yang digunakan, suara yang dihasilkan saat diruangan maupun di outdoor, dan harganya tentunya.

Untuk Yamaha music sendiri merupakan produsen gitar yang sudah terkenal bukan cuma dikelas nasional namun juga internasional. Dari mulai bahan yang digunakan, perangkat kerasnya, senar, dan suaranya semuanya memiliki kualitas yang mumpuni tergantung jenis harga dan serinya.

Tidak usah diragukan lagi kualitas dari gitar instrument buatan produsen ini, karena Yamaha sendiri sudah 125 tahun membuat alat musik instrument yang berkualitas.

Perlu kalian ketahui, untuk gitar Yamaha dengan kelas low end menurut admin masih cukup berkualitas. Banyak yang meminati gitar ini karena penggunaan perangkat kerasnya yang menghasilkan suara istimewa saat dicolok ke ampli.

BACA JUGA:   Daftar Harga Drum Elektrik Terlengkap Semua Merk 2021 !

Untuk mencari gitar idaman, sudah pasti kita harus pilih-pilih. Mungkin tujuan kita membeli gitar adalah mencari suaranya yang bagus, tetapi yang perlu kalian tahu untuk menghasilkan suara gitar yang berkualitas kita juga harus mempertimbangkan bahan gitar, bentuk gitar, dan mungkin perangkat kerasnya juga.

Jadi kamu tidak perlu khawatir, dengan harga yang murah saja, kalian bisa mendapat gitar idaman dengan kualitas yang lumayan. Apalagi kamu ingin gitar yang bisa enak digunakan saat perform, kamu bisa menambahkan gitar Yamaha dalam list balanjaanmu.

Apakah kamu kamu masih bingung untuk mencari gitar idaman yang murah? Untuk itu, mari kita bahas untuk spesifikasi, body, suara, bahan yang digunakan dan juga harganya.

Body dan Bahan Yang Digunakan

Secara tampilan, gitar Yamaha FX310 ini mewarisi bentuk dari Yamaha seri FGX. Untuk bahan yang digunakan menggunakan kayu spruce, kayu ini diklaim bisa menghasilkan suara yang jernih dan warm.

Bentuknya yang jumbo namun lumayan kecil menjadikan gitar ini mudah digunakan dimana saja, terutama pada saat anda perform.

Nah, untuk material Neck menggunakan kayu Nato. Warnanya yang coklat kemerahan menjadi warna dominan kayu ini. Kayu ini memiliki kepadatan yang cukup tinggi sehingga kuat dan tidak mudah usak

Fretboardnya memiliki jumlah fret 20. Untuk material fretboardnya menggunakan kayu Rosewood. Teksturnya yang cukup halus dan berkualitas tinggi membuat gitar dengan bahan kayu ini menjadi lebih enak disentuh dan dipegang.

Namun, yang masih disayangkan dari gitar ini adalah bahan kayunya yang masih spruce belum memiliki embel-embel top atau solid. Jika kita membandingkan sejenak dengan Cort AD810 dengan kayunya yang top spruce, maka Yamaha kali ini masih kalah dalam penggunaan bahan bakunya.

Mengapa kayu menjadi bahan yang penting untuk kita pertimbangkan? Karena untuk setiap kayu memiliki cirikhas suara yang dihasilkan. Nah, untuk kayu spruce menghasilkan suara yang warm. Untuk kayu top spruce memiliki kelebihan yaitu semakin lama penggunaan maka kayunya akan semakin kering dan menghasilkan suara yang lebih nyaring lagi.

BACA JUGA:   Biaya Buat Paspor Terbaru dengan Proses MUDAH

Perangkat Keras

Untuk pickupnya menggunakan System47+Piezo Pickup, untuk preamp ini cenderung noiseless, karena tidak menggunakan magnet atau logam didalamnya. Piezo khusus menangkap energy getaran saja.

Selain itu pickup ini juga menghasilkan suara yang clarity atau detail dan menghasilkan suara yang jelas pada gitar.

Nah, untuk perangkat keras dari Yamaha ini benar-benar bisa menghasilkan suara yang berkualitas. Jika dibandingkan dengan merk lain, menurut admin dan review dari orang-orang gitar Yamaha menang dalam perangkat kerasnya yang menghasilkan suara jernih dan warm saat dicolok ke ampli.

Suara

Perlu kalian ketahui, suara yang dihasilkan gitar ini saat di mainkan biasa dan saat dicolok berbeda. Mungkin karena kayu yang dipakai dan perangkat kerasnya yang berbeda kualitasnya.

Pada saat dimainkan biasa, bunyi dari gitar ini terasa warm namun kurang nyaring, mungkin karena kayunya yang masih spruce dan belum top spruce atau solid top spruce.

Jadi mungkin kalau kamu memainkannya di outdoor suaranya akan terasa sedikit lirih ketimbang saat kamu memainkannya di indoor.

Namun pada saat dimainkan ke ampli, suara gitar ini sangat bagus. Jika dibandingkan dengan sekawannya Cort AD810e, Yamaha FX310 masih lebih baik dalam suara yang dihasilkannya, terasa lebih warm dan tidak cempreng. Mungin karena kualitas perangkat keras gitar ini lebih berkualitas.

Perawatan

Kali ini admin akan memberi tips merawat gitar Yamaha FX310 ini, mungkin bagi kamu yang belum tahu bisa dicermati tips perawatan untuk gitar ini.

Cara membersihkan gitar akustik yang pertama diawali dengan pembersihan bagian fretboard. Bagian ini cukup penting untuk dibersihkan karena akan memberikan kenyamanan saat bermain gitar. Fretboard yang kotor juga bisa memperngaruhi suara yang dihasilkan.

Untuk membersihkannya gunakan kain halus, hindari kain yang berserat karena bisa menyangkut pada fretboard. Bersihkan fretboard dengan minyak kayu putih atau cairan pembersih gitar.

Bila kamu ingin gitarmu tampak mulus dan bersih, maka kamu jangan lupa untuk membersihkan bagian body depan dan juga belakang gitar akustik kamu. Memang membersihkan bagian ini tidak mmeperngaruhi suara, tetapi membuat gitar semakin nyaman untuk dipakai.

BACA JUGA:   Daftar Harga Menu Solaria Terbaru September 2021 [+PROMO!]

Untuk membersihkannya gunakan kain yang sudah dibasahi air. Akan tetapi, jika kamu memiliki cairan pembersihnya tentu hal tersebut akan lebih bagus.

Untuk bagian tuning keys bisa dibersihkan dengan minyak kayu putih, dan untuk bagian bridge bisa kalian bersihkan dengan cotton buds dibasahi dengan minyak kayu putih atau air.

Nah untuk senar, kalian harus sering memerhatikan kebersihannya, karena bagian ini merupakan bagian yang penting dalam sebuah gitar. Untuk membersihkannya gunakan cairan khusus yang memang digunakan untuk membersihkan senar gitar.

Selain mengetahui cara membersihkannya, kalian juga harus tahu beberapa tips dalam merawat gitar agar selalu bersih dan tetap menghasilkan suara bagus.

Mungkin yang pertama tetap letakkan gitar dalam case jikan tidak digunakan, agar gitar tidak cepat kotor dan terhindar dari hal yang tidak diinginkan. Lalu gantilah senar secara berkala agar kualitas suara yang dihasilkan selalau bagus. Yang terakhir jauhkan gitar dari sinar matahari atau tempat lembap.

Spesifikasi Lengkap

Spesifikasi lengkapBentuk bodiTraditional WesternPanjang Skala634mm (25″)Panjang Bodi505mm (19 7/8″)Panjang Total1029mm (40 ½”)Lebar Bodi412mm (16 ¼”)Kedalaman Bodi96-116mm (3 13/16″ – 4 9/16″)Lebar Nut43mm (1 11/16″)Jarak Senar(10.0mm)Top MaterialSpruceBack MaterialLocally Sourced TonewoodSide MaterialLocally Sourced TonewoodMaterial NeckNatoMaterial FingerboardRosewoodRadius FingerboardR400mm (15 3/4″)Material BridgeRosewoodMaterial NutUreaMaterial SadelUreaPin BridgeBlack ABSTunerCovered ChromeBinding BodiBlackInlay SoundholeBlack+WhitePickguardBlackBody FinishGlossNeck FinishMattElektronikSystem47+Piezo PickupString.012 – .053AksesoriHex Wrench, 2 x AA BatteriesCaseNone

Harga

Untuk harga yang diberikan untuk gitar ini cukup murah dan terjangkau. Untuk menemukan gitar ini juga tidak sulit, kamu bisa membelinya di berbagai toko alat musik atau situs jual beli online. Dipasaran Tanah Air, gitar Yamaha FX310 ini sekarang di tawarkan dengan harga Rp 1,3 juta – Rp 1,5 juta.

Mungkin cukup sampai disini artikel kali ini, selamat bermain gitar ya, sekian dan terima kasih..