harga burung jalak kebo

Burung Jalak Kebo: Suara, Karakter, Jenis, Harga, Habitat, Ciri dan Perawatannya

Burung jalak kebo memiliki peminat tersendiri dari kalangan pecinta burung, karena keunikan dan kelebihan yang dimilikinya.

Dan dari puluhan tahun lalu, burung jalak kebo sudah di pelihara dari kalangan pecinta burung.

Namun, yang namanya burung kicauan, tentunya ketika di pelihara oleh pemiliknya menginginkan burung menjadi rajin berkicau.

Agar burung bisa rajin bunyi harus di pelihara dengan cara yang tepat, maka kami akan menjelaskan tentang perihal jenis jalak kerbau, seperti karakter, habitat, suara, perawatan dan informasi penting lainnya, agar ketika di pelihara burung mendapatkan kualitas yang seperti di inginkan pemiliknya.

Kebiasaan dan Karakter Jalak Kerbau

Jalak kerbau memiliki nama Acridotheres javanicus, orang jawa bilang burung jalak kebo dan orang bule sering menyebutnya dengan nama white-vented myna.

Kebiasaan jalak kerbau ketika di alam liar biasa hidup di pematang  sawah, hutan sekunder,  hutan primer, area perkebunan dan sering berdiam diri di atas tubuh kerbau, sehingga burung ini di juluki jalak kebo.

Kebiasaan yang sering berdiri di punggung kerbau dan kepala  kerbau tentunya jalak kebo ini bertujuan untuk mencari makanan, seperti kutu, lalat dan serangga yang menempel pada tubuh kerbau.

Kebiasaan jalak kebo sering berada di atas tubuh kerbau tentunya memiliki manfaat untuk kerbau itu sendiri dan burung jalak kebo ( simbiosis mutualisme ) , dimana kerbau tidak akan merasa terganggu karena kulitnya sering di bersihkan oleh burung jalak kebo dan jalak kebo itu sendiri memiliki tujuan untuk mencari makan dan berlindung dari alap-alap kawah yang menjadi musuh  besarnya, sehingga tidak berani mendekati jalak kebo yang berada di tubuh kerbau.

Ketika berkembang biak, jalak kerbau akan membuat sarang di lubang-lubang pohon dan membuat sarang di atap rumah yang berada di dekat dengan persawahan.

Habitat Jalak Kebo

Persebatan burung jalak kebo di asia tenggara, termasuk Indonesia ( sumatera, jawa dan bali ).

Burung ini cepat sekali berkembang biak, sehingga populasinya berkembang pesat sehingga untuk beberapa Negara, jalak kebo sering di anggap burung hama, sedangkan untuk di Indonesia, khususnya di jawa sering di burun untuk di jual dan bahkan ada juga yang memanfaatkan jalak kebo sebagai santapan dan olahan obat.

Jenis Jalak Kebo

Jalak kebo memiliki dua jenis, seperti jalak kebo yang memiliki iris mata putih dan iris mata kuning.

Untuk keseluruhan tubuhnya memang terlihat sama dan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Ciri-ciri Jalak Kebo Mata Kuning

  1. Ukuran tubuhnya lebih kecil dari jalak kebo irit mata putih
  2. Pandai menirukan suara burung lainnya dan rajin bunyi

Ciri-ciri Jalak Kebo Mata Putih

  1. Ukuran tubuh jalak karbau iris mata putih lebih besar dari jelak kebo iris mata kuning
  2. Jarang berkicau
  3. Lebih gampang menirukan suara manusia, sepatah dua patah, namun tidak sepasih burung beo suaranya

Cara Menjinakan Jalak Kebo

Agar burung menjadi gacor dan mengeluarkan gaya khasnya ketika berkicau, seperti gaya manggut-manggut, maka burung harus jinak.

Untuk menjinakannya cukup mudah, tinggal dimandikan setiap hari hingga basah kuyup, alangkah baiknya dimandikan dengan cara di pegang, namun jika belum terbiasa, maka bisa di semprot atau mandi di keramba.

Perbedaan Burung Jalak Kebo Jantan dan betina

Untuk memelihara jalak kebo karena suara kicauannya dan ketika di pelihara burung rajin bunyi, maka sebaiknya pilih jantan, karena suara jalak kebo iris mata kuning jantan lebih bervareatif dan keras di bandingkan betina.

  • Ukuran kepala jantan lebih besar dan memiliki bulu jambul yang seperti tersisir rapih
  • Terdapat jambul di bagian pangkal paruh dan ujung lubang hidung
  • Bulu jantan lebih hitam pekat dan bersih, cerah dan terdapat slip putih di bagian sayapnya
  • Ukuran kaki dan tubuh jantan lebih panjang dari betina
  • Pada saat berkicau, jantan sering manggut-manggut dan angkat jambulnya
  • Suara jantan lovebird bervareasi di banding betina

Makanan Jalak Kebo

Ketika hidup alam liar, jalak kebo sering mencari makanan seperti lalat, kutu pada tubuh kerbau dan mencari makanan di permukaan tanah dengan cara menggunakan kakinya yang panjang seperti ayam, sehingga burung ini mampu berjalan dengan baik ketika di permukaan tanah, seperti mencari larva lebah, jangkrik atau cacing.

Selain itu, jalak kebu juga biasa mengkonsumsi pepaya, ulat hongkong dan buah pisang. Dan bisa di ajarkan untuk mengkonsumsi makan voer.

Cara Merawat Burung Jalak Kebo

Agar burung jalak kerbau rajin berkicau setiap harinya, burung butuh di rawat denga cara yang tepat setiap harinya, agar burung mendapatkan kualitas seperti yang di inginkan oleh pemiliknya.

  1. Pagi hari, burung di keluarkan dari dalam rumah untuk mendapatkan udara segar dan sinar matahari pagi
  2. Mandikan setelah matahari mulai muncul, sambil membersihkan sangkar, mengganti air minum dan pakannya dan setelah itu burung di berikan buah pepaya dan pisang
  3. Angin-anginkan beberapa menit setelah di mandikan dan Jemur burung setelah dimandikan beberapa menit dan di usahakan untuk penjemurannya di lakukan di bawah jam 09.30 pagi
  4. Setelah di jemur, jalak kebo di angin-anginkan kembali sambil memberikan 1 – 2 ekor ulat hongkong dan 5 ekor jangkrik
  5. Sekitar jam 10.00 burung di simpan di tempat yang teduh hingga jam 15.00
  6. Sore hari jalak kebo di mandikan kembali dan angin-anginkan kembali sambil memberikan 5 ekor jangkrik

Suara Jalak Kebo Mp3

Di bawah ini, telah kami sedikan contoh suara burung jalak kerbau yang bisa anda gunakan sebagai masteran atau sebagai pancingan.

Suara Jalak Kerbau Variasi 1 | Download

BACA JUGA:   Daftar Harga Sarang Burung Walet Terbaru

Suara Jalak Kerbau Variasi 2 | Download

Suara Jalak Kerbau Variasi 3 | Download

Suara Jalak Kerbau Variasi 4 | Download

Harga Burung Jalak kebo

Jalak kebo yang cukup popular dan banyak di sukai oleh kicau mania Indonesia untuk di pelihara adalah jenis jalak kerbau mata putih dan mata kuning. Namun , bagi anda yang ingin memelihara burung jalak kebo yang mampu menirukan suara manusia, maka pilihlan jalak kebo yang memiliki iris mata warna putih.

Meskipun di nilai dari kemampuan berkicaunnya, namun secara keseluruhan harga burung jalak kerbau terbilang murah, mulai dari anakan hingga dewasa. Namun , bagi yang ingin belajar untuk memelihara dengan baik guna untuk menggacorkan jalak kebau dengan puas dan memiliki harga yang minim, maka bisa memilih anakan . cukup dengan mengeluarkan buget 150.000 saja sudah bisa mendapatkan 1 pasang anakan jalak kebo.

Memelihara sepasang jalak kebo tentunya sangat baik untuk mendorong kualitas kicauan jantan, dimana salah satu fungsi dari betina jalak kebo, selain guna untuk di ternakan, akan tetapi berguna untuk mengatasi burung jalak kebo jantan stress ketika macet bunyi.

Berjenis kelamin jantan jalak kebo memiliki kemampuan berkicau lebih baik, jika ingin melatih kemampaun berkicaunnya, maka pilih yang berjenis kelamin jantan dan betina jalak kerbau dipelihara untuk untulan dan menemani jantan agar tidak kesepian.

Jenis Jalak Kebo Harga jalak Kebo
Burung jalak kebo jantan Rp = 150.000
Burung jalak kebo Gacor Rp = 200.000 – 500.000
Burung jalak kebo Gacor mata putih Rp = 150.000
Burung jalak kerbau mata putih Rp = 100.000
Burung jalak kerbau mata putih bisa bicara Rp = 500.000 – 600.000
Burung jalak kebo mata kuning Rp = 150.000 – 300.000
Burung jalak kebo bahan/bakalan Rp = 75.000

Harga burung pada umumnya agar terus berubah-ubah sesuai musim, keadaan pasar dan lain sebagainya, begitu juga dengan burung jalak kebo, dimana harganya berbeda-beda di setiap daerah, misalkan di Jakarta, surabaya, bandung,sumatera dan tempat lainnya.