Tips & rawatan decu agar makin gacor

Burung decu dikenal juga dengan sebutan kacer mini, karena penampilannya yang mirip kacer namun ukuran tubuhnya yang mungil. Walaupun kecil, namun decu memiliki suara kicauan yang sangat kencang dan pandai menirukan suara burung lainnya. Berikut tips & rawatan decu agar makin gacor.

Selain memiliki kemampuan mimikri atau menirukan suara, decu adalah tipikal burung fighter atau petarung, meski sifat agresifnya itu lebih cenderung ditujukan pada spesiesnya saja. Namun demikian, seperti juga kacer atau murai batu, decu pun punya gaya khasnya sendiri sewaktu memamerkan kicauannya di hadapan lawan-lawannya.

Adapun nama resmi yang digunakan untuk spesies burung ini adalah decu belang atau Pied bushchat (Saxicola caprata). Burung jantan mudah dikenali dari penampilan bulu yang terdiri dari warna hitam dan putih, sedangkan decu betina umumnya berwarna bulu kecoklatan dan tunggir berwarna merah-bata.

Bagi sebagian orang, perawatan burung decu dianggap gampang-gampang susah. Namun jika sudah mendapatkan perawatan yang tepat, maka jenis burung ini pun akan mudah sekali terpancing untuk rajin berbunyi, bahkan menjadi gacor. Untuk itu, tips dan panduan perawatannya berikut ini bisa diterapkan:

1. Pengembunan rutin

Lakukan pengembunan secara rutin, khususnya 30 menit sebelum matahari terbit. Biasanya pada saat itulah, decu akan terpancing untuk mengeluarkan suara. Berikan satu sendok teh kroto untuk membantu meningkatkan staminanya.

2. Mandi dan jemur

Decu sebaiknya dimandikan tidak lama setelah matahari terbit. Cara memandikannya bisa dilakukan dengan menggunakan hand sprayer maupun mandi karamba atau disesuaikan kebiasaan. Setelah mandi, burung diangin-anginkan dulu selama beberapa menit untuk mengeringkan bulu-bulunya, selesai itu baru dijemur di bawah sinar matahari selama 30 s/d 60 menit. Setelah dijemur, burung dipindahkan ke tempat teduh.

3. Jaga kebersihan sangkar dan lingkungan 

Kebersihan sangkar, perlengkapan, dan lingkungan sekitar sangkarnya sangat mendukung dalam menjadikan burung decu rajin bunyi dan gacor. sangkar yang kurang terjaga kebersihannya akan menjadikan burung mudah terserang penyakit yang disebabkan parasit, bakteri, atau jamur yang dapat menurunkan penampilannya.

4. Pemberian pakan dan vitamin

Untuk membuatnya rajin bunyi maka yang harus diperhatikan dalam perawatan hariannya adalah pemberian pakan yang kaya kandungan protein dan nutrisinya, untuk itu selain voer yang bagus kualitas dan kandungannya, pakan tambahan (EF) pun harus diutamakan.

Ada beberapa jenis pakan EF yang bisa diberikan untuk memancing burung decu rajin bunyi, yaitu:

  • 2 – 3 ekor Jangkrik kecil dan 1 ekor ulat hongkong yang diberikan setiap pagi dan sore hari.
  • Ulat kandang sebanyak 1 sendok teh setiap pagi atau sore hari.
  • Kroto umumnya diberikan setiap dua – tiga kali seminggu, tapi jika burung sedang diembunkan maka kroto bisa diberikan sebanyak satu sendok teh saja dengan rutin.

Selain voer dan pakan tambahannya (EF), burung decu membutuhkan asupan vitamin tambahan untuk meningkatkan stamina dan menjadikannya lebih rajin bunyi. Vitamin sangat baik dikonsumsi burung peliharaan, terutama karena manfaatnya yang dapat menjadikan burung makin gacor dan bersuara keras.

Baca:   Settingan lovebird fighter ke merem melek

Selain itu, Sup Plus Bird memiliki kandungan yang dapat mencegah dan meredam stres, mendongkrak mental dan daya tempurnya, serta mempercepat proses gacor burung peliharaan. Suplemen vitamin ini bisa didapatkan melalui Tokopedia, Bukalapak, dan Shopee.

5. Ditempel burung kecil gacor 

Metode penggacoran lainnya adalah menggantungkan sangkarnya tidak jauh dari burung peliharaan lain yang sudah gacor atau “receh” seperti pleci, kenari, mozambik, gelatik batu, dan burung kolibri.

6. Lakukan pemasteran  

Proses pemasteran sangat berguna untuk menambah variasi suara isian yang dimiliki burung decu. Dengan banyaknya variasi suara kicauannya, maka decu pun akan semakin rajin berkicau sehingga cepat pada kondisi gacornya.

Pemasteran bisa dilakukan dengan menggunakan burung masteran maupun audio masteran dari perangkat mp3 player. Tahap pemasteran sendiri bisa dilakukan di dalam atau luar ruangan, baik dengan cara dikerodong maupun full kerodong. lakukan pemasteran setiap siang hingga sore hari dengan rutin dan teratur.

Demikian tips & rawatan burung decu agar cepat gacor.

Semoga bermanfaat