Tips Membuat Cucak Jenggot Cepat Gacor

Selain dilombakan, burung cucak jenggot menjadi salah satu burung masteran paling disukai karena suaranya yang ngebest rapat dan tajam. Merawat burung cucak jenggot agar cepat gacor tentu dibutuhkan perawatan yang tepat. Berikut tips membuat cucak jenggot cepat gacor untuk masteran dan lomba.

Butuh perawatan yang rutin dan teratur untuk memaksimalkan penampilan burung cucak jenggot. Namun selain perawatan yang sudah umum tersebut, ada beberapa hal lain yang turut mendukung penampilan cucak jenggot cepat gacornya yaitu pengaturan pakan dan terapi mandi malam.

Pengaturan pakan

Tidak bisa dipungkiri, ketersediaan pakan yang tepat dapat menjadikan burung cucak jenggot lebih aktif dan rajin berbunyi. Selain diberikan voer sebagai pakan utamanya, cucak jenggot juga harus menerima asupan pakan lain yang berasal dari pakan tambahan (EF) terutama buah dan serangga.

Ada beberapa cara yang dilakukan kicaumania agar cucak jenggot rawatannya cepat gacor, yaitu:

  • Memberikan potongan kecil jahe yang dimasukkan ke dalam bagian tubuh jangkrik sebelum diberikan kepada burung.
  • Membuat pakan racikan khusus yang tinggi kandungan proteinnya seperti: Mencampurkan satu butir telur bebek mentah, parutan buah apel, dengan 2 sendok makan kroto segar bersih. Pakan racikan ini diberikan sebanyak 1 sendok teh, saat burung sedang diangin-anginkan setelah diberikan terapi mandi malam.

Terapi mandi malam

Membiasakan burung cucak jenggot mandi pada malam hari juga bisa membantu menjadikan penampilannya makin maksimal dan cepat gacor. Mandi malam bisa menstabilkan birahi, juga dapat meningkatkan stamina burung pada esok harinya.

Mandi malam bisa dilakukan pada waktu-waktu tertentu, atau sekitar pukul 19:00 – 21:00. Mandikan burung dengan cara disemprot sprayer hingga basah kuyup, setelah itu burung diangin-anginkan di ruangan yang terang sambil diberikan pakan racikan seperti yang sudah disebutkan di atas.

Menambahkan mulvitamin

Yang pasti, untuk mendukung perawatan tersebut maka burung cucak jenggot harus memiliki stamina dan daya tahan yang cukup. Karena jika burung tidak memiliki dua hal tersebut, maka yang ada cucak jenggot akan cenderung malas untuk beraktivitas maupun berkicau.

Oleh karena itu, ketersediaan suplemen vitamin sangat dibutuhkan untuk menjaga kondisi burung cucak jenggot tersebut. Selain dapat mendongkrak stamina, mental, dan ketahanannya, vitamin juga cukup ampuh jadikan burung semakin rajin bunyi dan gacor.

Dengan memperhatikan perawatan hariannya secara rutin dan teratur, burung cucak jenggot akan semakin terpancing untuk rajin berbunyi sehingga burung pun cepat pada kondisi gacornya.

Semoga bermanfaat