Tips dan Settingan Burung Kacer Mabung

Mabung atau moulting adalah proses rontok bulu yang merupakan siklus alami pada keluarga burung (Aves). Perawatan semasa burung mabung merupakan satu hal yang sangat penting karena dapat mempengaruhi pertumbuhan bulu-bulunya. Berikut tips dan settingan burung kacer mabung.

Perawatan dan settingan burung kacer saat mabung harus dilakukan dengan cara yang tepat, karena jika mendapatkan perawatan yang salah akan membuat kacer jadi rusak. Dalam banyak kasus, proses mabung jadi terhambat atau burung akan mengalami mabung yang berkepanjangan (macet mabung).

Ketika mabung, metabolisme di tubuh burung kacer akan meningkat hampir 40% dari kondisi normal. Energinya pun akan lebih banyak digunakan untuk melancarkan proses peluruhan dan pertumbuhan bulu baru. Itu sebabnya, sebagian besar burung akan mengurangi aktivitasnya semasa mabung, termasuk aktivitas berkicau.

Oleh karena itulah, burung kacer akan membutuhkan asupan nutrisi yang berkualitas baik dengan porsi yang lebih besar dari kondisi ketika normal. Selain itu, hindari juga mempertemukan kacer dengan burung sejenis karena dapat mengganggu proses mabung yang sedang dialaminya.

Berikut perawatan dan settingan burung kacer mabung:

  1. Letakkan burung di tempat yang tenang dan sepi, jauh dari aktivitas manusia. Selama itu akan lebih baik kalau burung diberikan kerodong.
  2. Untuk membantu proses peluruhan bulu, Anda bisa meletakkan potongan kulit jeruk di dalam sangkarnya yang ditutupi kerodong. Kulit jeruk akan melembabkan sangkar sehingga proses mabung akan berjalan lebih cepat dan lancar.
  3. Pemberian mandi sebaiknya dilakukan seminggu sekali saja, sedangkan penjemuran cukup dilakukan tidak lebih dari 20 menit setiap harinya. Usahakan penjemuran tidak dilakukan ketika matahari sedang bersinar sangat terik.
  4. Berikan pakan tambahan (EF) dalam jumlah yang lebih banyak karena dibutuhkan untuk membantu proses mabungnya. Jangkrik yang biasanya diberikan 3 ekor, kini jadi 5 ekor pada pagi dan sore harinya, begitu juga kroto diberikan 1 sendok makan setiap pagi, cacing tanah 2 ekor diberikan setiap 3 x seminggu, dan ulat hongkong diberikan 3 ekor setiap pagi.
  5. Berikan vitamin setiap hari untuk membantu menjaga kondisi burung kacer selama mabung.
  6. Selain itu, pemberian multivitamin secara rutin juga dapat membantu meningkatkan stamina dan daya tahannya sepanjang hari, sehingga proses mabung dapat berlangsung dengan lebih cepat dan lancar.
  7. Selama mabung dan saat burung sedang diberikan full kerodong, Anda dapat memberikan pemasteran dengan suara masteran yang sesuai. Saat ini adalah waktu yang tepat untuk menambah variasi suara kicauannya sesuai lagu-lagu yang kita inginkan.

Demikian tips dan settingan burung kacer mabung.

Semoga bermanfaat