Settingan Burung Cucak Ranting Cepat Gacor

Cucak ranting yang memiliki nama resmi cica-daun sayap biru menjadi jenis burung yang banyak dicari karena penampilan dan warna bulunya. Meskipun masih satu keluarga dengan cucak hijau, tapi cucak ranting tidak memiliki suara kicaua yang bervariasi. Akan tetapi, banyak yang memeliharanya untuk klangenan saja atau pemancing bunyi burung piaraan jenis lainnya.

Burung cucak ranting sering menjadi pilihan kicauan alternatif bagi pemula karena perawatannya yang terbilang mudah. Burung ini juga dikenal mudah jinak dan cepat beradaptasi dengan lingkungan barunya.

Namun untuk menjadikannya rajin bunyi, tentu dibutuhkan kombinasi perawatan yang tepat yang meliputi pemberian pakan, vitamin, serta pola rawatan harian lainnya.

Di pasaran, sobat kicaumania akan menemukan burung cucak ranting dalam kondisi masih muda maupun dewasa. Meskipun burung jantan dan betina sama-sama berbunyi, tapi cucak ranting jantan memiliki penampilan yang lebih cantik dengan topeng berwarna hitam di bagian wajahnya.

Sebagai panduan bagi pemula, berikut ini settingan burung cucak ranting cepat gacor:

  • Lakukan pengembunan secara teratur setiap pagi. Mengeluarkan burung di pagi buta dengan suhu masih dingin dan suasana lingkungan yang tenang menjadikan burung lebih terpancing untuk rajin berbunyi. Berikan 2 ekor jangkrik dan 1 ekor ulat hongkong, atau jika ada bisa diberikan kroto segar sebanyak satu sendok teh.
  • Mandikan burung setelah matahar terbit dengan cara disemprot sprayer atau mandi cepuk (tergantung kebiasaan saja), jangan lupa bersihkan juga sangkar dan perlengkapannya dari kotoran dan sisa-sisa makanan.
  • Selesai mandi, burung diangin-anginkan sebentar untuk mengeringkan bulu. Langsung menjemur burung saat bulu masih basah akan menyebabkan bulu rentan kering dan keriting, sehingga cepat rusak dan rontoknya.
  • Setelah itu baru dijemur di bawah sinar matahari selama 1 jam, kemudian dipindahkan ke tempat teduh.
  • Di tempat teduh, burung cucak rante kembali diberikan makanan kesukaannya yaitu jangkrik (3 ekor) dan ulat hongkong (2 ekor). Berikan juga buah pisang kepok putih dengan cara digantungkan di dalam sangkar hariannya.
  • Adapun pemberian satu sendok kroto bisa dilakukan setiap beberapa hari sekali.
  • Tambahkan vitamin  untuk meningkatkan kecerdasan dan menjadikan burung cepat gacor.
  • Biarkan burung berada di tempat teduh tersebut tanpa gangguan, saat itulah burung akan mengeluarkan suara-suara kicauannya dengan suara yang lebih bervariasi.
  • Pada siang hingga sore harinya, Anda bisa melakukan pemasteran memanfaatkan suara rekaman burung dari mp3.
  • Sore harinya sekitar pukul 16:00 – 17:00, cucak rante diberikan 2-3 ekor jangkrik setelah itu difull kerodong dan dimasukkan ke dalam rumah untuk beristirahat total.

Dengan menerapkan settingan di atas secara rutin dan teratur, burung cucak rante akan cepat sekali memasuki kondisi gacornya.

Semoga bermanfaat