Rawatan Burung Cucak Kinoi agar Cepat Gacor

Meskipun memiliki penampilan yang mudah dikenali, namun banyak orang yang belum mengetahui nama asli jenis burung ini. Cucak rante emas atau biasa disebut cucak kinoi adalah salah satu spesies dari keluarga cica daun (Chloropseidae) dan berkerabat dekat dengan cucak hijau. Nama aslinya adalah cica-daun sumatera (Chloropsis venusta), dikenal dengan suaranya yang bervariasi.

Spesies cica-daun ini merupakan jenis yang terkecil dari kelompoknya, panjang tubuhnya sekitar 14 cm, bulu berwarna hijau terang dan terdapat warna kebiruan apda dahi, tenggorokan hingga sisi kepalanya. Penyebarannya di Sumatera hanya di sepanjang Bukit barisan saja, mulai dari Aceh hingga Lampung.

Perawatan burung kinoi alias cica-daun sumatera ini tidak terlalu jauh berbeda dengan perawatan burung cucak hijau maupun jenis cucak-cucakan lain seperti trucukan maupun kutilang. Namun untuk menjadikannya rajin bunyi dan cepat gacor, maka dibutuhkan perawatan yang sangat teratur terutama yang berkaitan dengan kebutuhan gizi dan vitaminnya.

Berikut pola perawatan burung kinoi alias cucak rante emas agar cepat gacor:

1. Setiap pagi burung diembunkan. Pengembunan rutin sangat baik bagi burung karena dapat memberinya kesegaran, sehingga burung akan lebih aktif, sehat, dan selalu terpancing untuk rajin berkicau.

2. Berikan pakan berupa kroto bersih dan segar sebanyak satu sendok teh pada saat burung diembunkan.

3. Setelah matahari terbit, mandikan burung dengan cara disemprot sprayer atau memasukkan bak mandi kecil ke dalam sangkar hariannya. Untuk merangsangnya mandi, cukup disemprot halus pada bagian dada dan kakinya.

4. Selesai mandi, burung dijemur selama kurang lebih 30 s/d 60 menit. Setelah itu, kembali disimpan di tempat yang teduh.

5. Berikan pakan buah-buahan yang segar dan bervariasi setiap harinya mulai dari pepaya, pisang kepok, hingga jeruk. Pemberian variasi buah-buahan itu dapat menjadikan burung lebih sehat dan aktif.

6. Jika burung dirawat dengan voer, sebaiknya gunakan voer yang bagus kualitasnya. Jangan berikan voer yang sudah berjamur atau tercemar bakteri, karena dapat mengganggu kesehatannya.

7. Berikan pakan tambahan yang terdiri dari 3-4 ekor jangkrik dan 2-3 ekor ulat hongkong yang diberikan setiap pagi dan sore harinya. Sebelum diberikan jangkrik bisa diolesi terlebih dahulu dengan madu untuk menambah khasiatnya.

8. Pastikan burung mendapatkan asupan vitamin tambahan untuk membantu menjadikannya lebih cepat gacor sekaligus dapat mendongkrak stamina, mental, dan daya tahannya.

9. Siang hingga sore hari burung bisa dimaster dengan suara-suara yang diinginkan, terutama suara pleci maupun kenari.

10. Pada malam hari burung diberikan full kerodong agar dapat beristirahat total.

Dengan melakukan perawatan di atas secara rutin dan teratur, maka burung cucak rante emas atau kinoi tersebut kan lebih cepat gacornya.

Semoga bermanfaat