Merawat Burung Tledekan yang Sedang Mabung

Mabung bisa dialami oleh semua jenis burung ocehan, termasuk tledekan atau sulingan. Semasa mabung, perawatan yang tepat harus segera diterapkan agar proses mabung bisa berlangsung sempurna dan burung bisa tampil lebih maksimal setelah mabung usai. Berikut tips dan cara merawat burung tledekan yang sedang mabung.

Proses mabung umumnya berlangsung selama 3 s/d 4 bulan atau bahkan lebih tergantung perawatan dan ketersediaan pakan maupun vitaminnya. Mabung sendiri merupakan sebuah proses penting bagi semua jenis unggas, terutama karena bulu lama yang sudah rusak atau kering akan digantikan dengan bulu baru yang masih kuat dan sehat.

Setelah burung mendapatkan penampilan barunya itu, maka performanya pun akan cenderung meningkat. Burung akan lebih rajin bunyi, dan penampilannya pun akan lebih maksimal (Top Form) sehingga sangat layak untuk dilombakan atau bahkan ditangkarkan.

Kondisi berbeda dialami oleh burung yang semasa mabung tidak mendapatkan perawatan yang tepat. Dalam banyak kasus, proses mabung akan berlangsung menjadi sangat lama atau bahkan kondisi burung yang macet mabung dan tidak mau bunyi sama sekali.

Itu sebabnya, perawatan selama burung mabung harus dilakukan dengan cara yang sesuai, yang bertujuan untuk menjaga dan meningkatkan stamina, mental, dan ketahanan tubuhnya sepanjang hari.

Berikut tips dan rawatan burung tledekan yang sedang mabung:

Masa mabung umumnya ditandai dengan banyaknya bulu-bulu halus yang jatuh atau berserakan di dasar sangkarnya. Tak jarang hal ini disertai pula dengan penurunan performa, misalnya burung yang semula rajin bunyi menjadi jarang bunyi, dsb.

Segera pindahkan burung ke tempat sepi dan jauh dari aktivitas manusia. Hal ini agar burung lebih tenang sehingga proses mabung bisa berlangsung lebih cepat. Selain itu, usahakan agar burung tidak dipertemukan atau mendengarkan suara burung sejenisnya.

Untuk mendukung burung melewati proses tersebut, ada baiknya sangkarnya diberikan full kerodong.

Untuk sementara waktu, burung tidak dimandikan dulu. Kalaupun ingin dimandikan bisa dilakukan seminggu sekali saja. Begitu juga dengan penjemuran yang tidak perlu dilakukan sebelum tumbuhnya bulu baru. Jika dibutuhkan, penjemuran cukup dilakukan  selama 20 menit saja, setelah itu kembali dipindahkan ke tempat sepi.

Untuk pakan sebaiknya mulai ditingkatkan jumlah pemberiannya, terutama jangkrik karena bisa membantu pembentukan sel-sel baru dan pertumbuhan bulu baru. Adapun settingan pakan yang umum diberikan saat tledekan mabung adalah jangkrik diberikaan sebanyak 5 ekor setiap pagi dan sore hari, 1 sendok kroto yang masih segar setiap pagi, 3 ekor ulat hongkong setiap pagi, dan cacing tanah 2 ekor yang diberikan 3 x seminggu.

Untuk pemilihan voer sebaiknya gunakan voer yang mempunyai kadar protein tinggi, misalnya voer 521 ( voer ayam ), jika ingin tetap menggunakan voer burung kicauan, maka gunakan voer kemasan yang sudah terjamin kualitas dan kandungannya.

Berikan suplemen vitamin karena sangat penting untuk menjaga kondisi burung selama mabung. Selain itu, vitamin juga membantu dalam mendongkrak stamina, energi, dan daya tahannya sehingga setelah mabung selesai burung akan memiliki penampilan yang lebih baik dari sebelumnya.

Demikian cara merawat burung tledekan yang sedang mabung.