Cara Memilih Pakan yang Tepat untuk Sogok Ontong

Sogok ontong dikenal karena suaranya yang pedas dan tajam sehingga banyak dicari untuk dijadikan masteran maupun dilombakan. Namun untuk menjadikan burung yang bernama lain kolibri sriganti ini tentu membutuhkan asupan pakan yang benar-benar tepat. Simak tips memilih pakan yang tepat untuk burung sogok ontong berikut ini.

Di alam liar, burung sogok ontong sangat menyukai nektar bunga dan beberapa jenis serangga kecil. Nah, ketika dirawat dalam sangkar, sebagian kicaumania masih banyak yang bingung tidak tahu harus memberikan makanan apa kepada momongan mungilnya itu.

Alhasil tidak sedikit yang hanya memberikan pakan berupa air gula saja setiap harinya, tanpa disertai pemberian makanan tambahan lainnya. Akibatnya, burung menjadi kurang aktif, dan cenderung alami kegemukan karena tidak terpenuhinya asupan nutrisi yang seimbang.

Pada dasarnya, ada beberapa jenis pakan yang dapat ditawarkan untuk burung sogok ontong. Namun pemberian pakan tersebut tentu harus diimbangi juga dengan pola rawatan lainnya, terutama untuk mencegah dampak negatif yang muncul akibat pemberian pakan yang terlalu berlebihan.

Berikut beberapa jenis makanan yang dapat diberikan kepada burung sogok ontong:

Madu

  • Madu memiliki kandungan gula yang sesuai dengan kebiasaan burung-madu mengkonsumsi nektar. Pemberian madu diyakini dapat menjadikan sogok ontong makin fighter dan untuk membantu metabolismenya. Namun jika pemberiannya terlalu berlebihan, madu dapat memberikan dampak kurang baik seperti bulu-bulu yang mudah rontok dan sifat burung yang berubah jadi agresif.

Susu Kental Manis

  • Susu kental manis banyak dimanfaatkan kolibri mania untuk makanan harian burung rawatannya tersebut. Sogok ontong yang sering mengonsumsi air susu diyakini akan jadi lebih aktif dan warna bulunya akan terlihat lebih berkilauan. Namun begitu, pemberian air susu terutama yang berjenis kental manis (SKM) tentu tidak boleh berlebihan. Selain tidak bisa sepenuhnya dicerna dengan baik oleh burung, dampak lain yang muncul jika burung terlalu banyak mengkonsumsi susu adalah kegemukan yang menjadi penyebab burung kurang aktif dan malas bunyi.

Air gula atau sirup

  • Air gula atau air sirup dipercaya memiliki kandungan energi yang cocok dikonsumsi semua jenis burung-madu termasuk sogok ontong. Tapi pemberian air gula secara berlebihan juga dapat memiliki dampak yang kurang baik bagi kesehatannya. Burung akan cenderung murah kurus dan kurang aktif, akibat tidak terpenuhinya asupan gizi dan nutrisi yang berasal dari makanan lainnya.

Nah, ketiga jenis makanan yang disebutkan di atas sangat tidak dianjurkan diberikan tanpa disertai makanan ekstra atau EFnya seperti:

Kroto dan beberapa jenis serangga

  • Kroto memiliki kandungan protein hewani yang sangat tinggi sehingga pemberian secara rutin dapat menimbulkan efek rajin bunyi atau gacor. Kroto biasanya diberikan secara rutin setiap hari sebagai makanan tambahan atau pendamping pakan utamanya. Waktu yang baik memberikan kroto adalah pada pagi hari, yaitu saat burung sedang diembunkan atau setelah burung dimandikan (saat diangin-anginkan).

    Selain kroto, ada beberapa jenis serangga yang dapat diberikan kepada burung sogok ontong yaitu ulat kandang atau ulat hongkong warna putih yang berukuran kecil, jangkrik yang diambil bagian daging putihnya saja, serta laba-laba kecil yang umum dijumpai.

Itulah beberapa pakan yang tepat untuk burung sogok ontong. Dengan memilih pakan yang sesuai disertai tata cara pemberiannya yang benar, maka burung sogok ontong akan menjadi lebih sehat, aktif, dan rajin bunyi.

Semoga bermanfaat